Selasa, 10 September 2013

XL 4G



Menonton video HD melalui situs berbagi video YouTube juga berjalan secara baik, tanpa putus-putus.

Menurut Kurniawan, XL terus melakukan persiapan untuk jaringan layanan LTE ini. Namun, ia belum bisa memberikan jaminan, kapan jaringan LTE akan masuk ke tahap komersil atau tersedia untuk digunakan oleh pelanggan. "Launch komersialnya masih belum fixed," ungkap Kurniawan.


Pengujian indoor dan outdoor

Kurniawan mengaku, sudah mendapat izin dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), khususnya SDPPI, untuk pengujian LTE langsung di jaringan mereka.

Ada dua frekuensi yang dapat digunakan, yaitu 1.800 MHz dan 2.100 MHz. Masing-masing dari frekuensi tersebut, digunakan spektrum sebesar 5 MHz. Untuk menggelar LTE tersebut, XL menggandeng mitra vendor Huawei.

XL sendiri sebenarnya memiliki alokasi pita frekuensi di 900, 1.800, dan 2.100 MHz. Kurniawan menjelaskan, meskipun pengujian dilakukan langsung di jaringan milik mereka, hal tersebut tidak akan terlalu mengganggu konsumen.

"Pengujian hanya dilakukan terbatas di beberapa perangkat, jadi tidak akan mengganggu konsumen," kata Kurniawan.

Pengujian ini sendiri dilakukan di dalam ruangan dan di luar ruangan. Untuk pengujian di dalam ruangan, pihak XL bisa melakukannya di gedung manapun.

Sedangkan untuk pengujian di luar ruangan, XL akan mengadakannya di ajang APEC yang berlangsung hingga awal Oktober 2013 mendatang di Bali. Para peserta konferensi APEC yang sebelumnya sudah mendaftar diizinkan untuk menggunakan jaringan LTE milik XL.

Untuk uji coba di Bali ini, pihak XL sudah menyediakan sekitar 7 BTS. Secara rinci, 1 BTS terdapat di Bandara Ngurah Rai dan 6 BTS sisanya terletak di kawasan Nusa Dua, tempat diadakannya konferensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi anda yang ingin koment di persilakan
BEBASKAN PENDAPATMU
new reales
Info Op Group
Op Radio

Feed Burnered

share item

Share

Print

HAM

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software