Rabu, 26 September 2012

Cara Menggunakan C++ dengan DEV

Pertama-tama anda buka program dev C++
setelah itu akan ada tampilan seperti ini:
Sebelum mulai menulis code kita harus buat sebuah project dulu. Caranya click menu File>New->Project
kemudian akan keluar window sebagai berikut:

Lalu setelah klik console application > ok maka akan muncul :

lalu masukan nama yang akan di save, klik save
setelah itu masukkan kode:

#include
int main()
{
    printf("Hello World"); //cetak kelayar
    getchar();             //pause
    return 0;
}



Setelah kode tersebut dimasukan maka akan terlihat seperti ini:


setelah itu tekan f9 untuk compile & run, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Nah program anda telah selesai...
Anda pasti bertanya-tanya apa sih maksud tulisan tsb nah saya jelaskan :
  1. Baris pertama yang berwarna hijau disebut preprocessor directive dengan perintah include, maksudnya artinya kita menambahkan code lain dalam code kita. Yaitu code yang ada didalam file "stdio.h". sehingga dengan adanya ini maka sebelum code kita dicompile maka compiler akan menambahkan code yang di-include terlebih dulu sehingga code itu ikut dicompile bersama code kita. Kenapa kita menambahkan file ini. Alasanya ada pada line 4 disana ada tulisan printf yaitu fungsi untuk menuliskan sebuah string ke layar. fungsi ini didefinisikan didalam file "stdio.h". Maka jika dalam code kita ada yang menggunakan fungsi printf maka wajib kita meng-include file "stdio.h". File yang kita include kan biasanya ber extensi ".h" artinya header.
  2. Tulisan yang berwarna biru tua dan dicetak miring adalah "comment" yaitu komentar atau catatan penulis code. Bagian ini tidak mempengaruhi apa-apa dalam program, bagian ini hanyalah catatan atau coret-coret sebagai informasi saja untuk programmer. Jadi walaupun "comment" ini dihapus program tidak ada yang berubah.
  3. Tulisan int main() ini dinamakan fungsi main (fungsi utama) setiap program selalu ada fungsi utama yaitu posisi mulainya program kita. tulisan int didepan "main" dinamakan "return type".
  4. Symbol "{". Symbol "{" dan "}" menandakan sebuah scope dalam code diatas scopenya adalah isi dari fungsi main. Jadi pada code ini, isi dari fungsi main adalah baris ke 4, ke 5 dan baris ke 6 yaitu setelah symbol "{" dan sebelum symbol "}" pada baris ke 7. 
  5. Baris 4 adalah baris pertama dari isi fungsi main. yaitu ada fungsi printf. printf ini disebut fungsi sama halnya dengan fungsi main. bedanya disini kita bukan mengisi isi dari fungsi printf melainkan memanggil fungsi printf sedangkan isi dari fungsi printf terdapat pada file "stdio.h" itulah kenapa kita harus meng-include-kan file itu. Kegunaan dari fungsi printf adalah untuk menuliskan string kelayar. string ini kita yang menentukan, caranya adalah dengan memasukan string kedalam argument dari fungsi printf yang berada setelah symbol "(" setelah nama fungsi dan sampai symbol ")". string adalah sebuah kumpulan dari huruf (character) yang dikumpulkan oleh simbol ".
  6. Baris ke 5 ada fungsi getchar, kegunaan fungsi ini adalah untuk menerima input sebuah character dari keyboard. Dalam code ini kita gunakan untuk logic pause . Jadi program ini setelah menulis kelayar akan menunggu input dari keyboard baru kemudian melanjutkan kebaris berikutnya yaitu return
  7. Baris 6 ada return 0 artinya keluar dari fungsi main dan mengembalikan nilai 0.

=========================================================================
SARAN UNTUK MEMBUAT VARIABEL
=========================================================================

kalo kita menggunakan bahasa C++ pada Visual Basic 6.0 C++ maka tidak akan berlaku di DEV C++ di walaupun BETI . perbedaannya adalah saat memberikan Nilai Variabbel. Dev C++ tidak mengenal tapi dia lebih mengenal Tanpa huruf H.
Satu lagi Dev C++ tidak Bisa menggunakan Void main ()dia hanya Mampu menggunakan int main ().
 

1 komentar:

bagi anda yang ingin koment di persilakan
BEBASKAN PENDAPATMU
new reales
Info Op Group
Op Radio

Feed Burnered

share item

Share

Print

HAM

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software