Kamis, 11 April 2013

Pesawat Gunakan Fitur WiFi saat Mengudara di jamin aman

 Pesawat gunakan wifi di udara dijamin aman

Beberapa maskapai penerbangan di luar negeri, sudah melengkapi armadanya dengan layanan wifi bagi penumpang. Tentu ini menjadi nilai tambah untuk menarik perhatian penumpang dengan fasilitas yang memadai.

Namun, seberapa besar tingkat keamanan penerbangan pesawat yang dilengkapi wifi? Pengamat penerbangan Alvin Lie menuturkan, penggunaan teknologi wifi dalam pesawat sudah teruji dan tidak perlu diragukan.
"Karena wifi yang digunakan di udara tidak sama dengan yang digunakan di darat, seperti kita gunakan wifi biasa," kata Alvin kepada merdeka.com, Kamis (11/4).
Dia mengatakan, tingkat keamanan dipastikan dari proses dan cara pemasangan alat. Pesawat yang akan dilengkapi wifi harus dirombak dan dipasang semacam dinding pengaman. Tujuannya agar sinyal wifi tidak bocor ke jalur komunikasi dan navigasi.
"Selama prosedur dan proses pemasangan dijalankan dengan baik, itu tidak akan ada masalah. Karena kan saat pemasangan ada proses pengawasan yang ketat," jelasnya.
Maskapai yang ingin melengkapi armadanya dengan wifi, harus membeli alat untuk memancarkan sinyal wifi. Ketika di udara, alat tersebut yang akan menangkap sinyal sebelum digunakan oleh penumpang.
"Ada sertifikasinya, teknologi sudah terbukti. Jadi pasti bisa dipasang di pesawat," tegasnya.
Sebelumnya, dua maskapai nasional yakni Garuda Indonesia dan Lion Air berencana melengkapi pesawatnya dengan wifi. Keduanya menggandeng anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia untuk mengembangkan layanan sistem komunikasi di udara. Lion Air menyiapkan dana USD 2,5 juta per pesawat untuk pemasangan wifi.
Rencana maskapai Garuda Indonesia memasang layanan internet atau wifi di pesawatnya, sudah bergulir sejak 1-2 tahun terakhir. Namun, hingga saat ini belum terealisasi.
Padahal, targetnya jaringan akses wireless broadband dengan layanan internet berkecepatan tinggi akan terpasang pada Juli 2013. Pemasangan layanan internet publik tanpa kabel dan menggunakan teknologi hotspot dalam pesawat ini masih mempertimbangkan keselamatan penumpang.
Fasilitas ini gratis untuk penumpang first class Garuda Indonesia. Sedangkan penumpang kelas ekonomi, harus membayar biaya tambahan untuk bisa menikmati layanan ini. Wifi akan dipasang di pesawat B 777 dan rencananya direalisasikan pertengahan tahun in

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi anda yang ingin koment di persilakan
BEBASKAN PENDAPATMU
new reales
Info Op Group
Op Radio

Feed Burnered

share item

Share

Print

HAM

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software