Selasa, 10 Juli 2012

trafik Internet akan Meroket



Penggunaan internet menjelang puasa Ramadhan hingga lebaran akan mengalami peningkatan. Para operator pun sibuk menyiapkan infrastruktur untuk mengantisipasi lonjakan trafik.

General Manager Value Added Services (VAS) Centra Region XL Axiata Alfred Pasaribu menjelaskan trafik pesan singkat (SMS) dan suara (voice) akan tetap mendominasi trafik fungsi telepon seluler.

"Namun peningkatan fungsi ponsel untuk mengakses internet justru akan lebih tinggi dibanding SMS dan voice, khususnya menjelang puasa dan lebaran," kata Alfred saat diskusi XL Net Rally di Liquid Cafe Yogyakarta, Sabtu (7/7/2012).

Beberapa tahun lalu, para operator memang jor-joran memberikan paket telepon gratis maupun SMS gratis khususnya ke sesama operator. Namun setelah ada pemberlakukan tarif interkoneksi pertengahan tahun ini, maka SMS gratis pun diminta untuk dihentikan.

Alhasil, fungsi ponsel untuk SMS dan menelpon sedikit berkurang. Di sisi lain, penggunaan ponsel untuk berinternet justru semakin melonjak. Apalagi, ponsel 3G saat ini juga sudah menjamur dan diperjualbelikan dengan murah di pasar.

"Dulu, orang mau sahur selalu telepon-teleponan. Sekarang cukup memberi tahu lewat Facebook atau Twitter," katanya.

Berdasarkan data dari XL, penggunaan ponsel pada hari normal (bukan puasa atau lebaran) di tahun lalu mengalami trafik percakapan hingga 530 juta menit per hari, 630 juta SMS per hari, dan 33 terabyte data per hari.

Sementara saat menjelang lebaran pada tahun lalu, trafik percakapan  naik menjadi 620 juta menit per hari, 780 juta SMS per hari dan 34,5 terabyte data per hari.

Di tahun ini, pada hari normal biasanya trafik percakapan pelanggan XL mencapai 600 juta menit per hari dan 660 juta SMS per hari. Di sini, ada sedikit penurunan trafik SMS dibanding dengan di hari normal di tahun lalu.

Sementara, trafik data saat ini pada hari normal sudah mencapai 52 terabyte per hari. Sudah ada peningkatan 57,7 persen dibanding tahun lalu.

"Sedangkan pada jelang puasa dan lebaran tahun ini diperkirakan akan naik 20-30 persen," tambah GM Performance Management XL Wira Wiguna.
Meski ada peningkatan trafik, XL Axiata sudah menyiapkan kapasitas jaringan, bahkan hingga dua kali lipat dibandingkan trafik di hari normal.

Tambah kapasitas jaringan
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik terutama menjelang puasa dan ramadhan, XL Axiata menyiapkan teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan sistem pool ini, jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu.

Untuk layanan BlackBerry, XL juga menambah kapasitas bandwidth secara langsung ke Research in Motion (RIM) menjadi 6 Gbps. Koneksi ke RIM ini melalui dua penyedia layanan infrastruktur yang berbeda (dual carrier partner).

Untuk bandwidth internasional akan ditingkatkan dengan kapasitas 7 Gbps yang bisa di-upgrade setiap saat menjadi N x Gbps baik pelanggan reguler atau korporasi.

Hasil uji jaringan
Menjelang puasa dan lebaran tahun ini, XL Axiata kembali melakukan uji jaringan sinyal. Uji jaringan dilakukan dilakukan di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar.

Uji jaringan tersebut dilakukan pada 6-7 Juli 2012 dengan beragam moda transportasi baik dengan kendaraan bermotor, kereta api, bus dan menggunakan kapal ferry (terutama di area penyeberangan laut).

Dari hasil uji jaringan tersebut, dominasi sinyal XL dibuktikan dengan tanda hijau. Artinya rata-rata pelanggan akan dapat menikmati sinyal XL secara penuh (4-5 bar).

"Namun ada beberapa titik yang masih berwarna kuning (2-3 bar) dan ada yang merah (1 bar). Tapi masih ada juga yang berwarna putih, artinya tidak ada sinyal sama sekali," tambah Wira.

Biasanya, untuk sinyal yang ditunjukkan dengan warna putih dan merah lebih disebabkan karena kontur wilayah. Menurut Wira, jalan-jalan di area tersebut tidak seramai waktu puasa maupun lebaran. Atau bisa jadi karena masih ada masalah dengan listrik dari PLN.

"Dalam dua minggu ke depan, kami akan memperbaiki kualitas jaringan. Khususnya yang masih berwarna putih dan merah. Itu hanya beberapa titik saja," kata Wira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi anda yang ingin koment di persilakan
BEBASKAN PENDAPATMU
new reales
Info Op Group
Op Radio

Feed Burnered

share item

Share

Print

HAM

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software