
Layanan BlackBerry Messenger (BBM) yang sempat mengalami gangguan pada Minggu (12/5/2013) malam telah berangsur normal sejak Senin dini hari.
Informasi pulihnya layanan pesan instan BlackBerry ini didapat dari
operator seluler penyedia layanan BlackBerry, XL dan Axis. Pihak
BlackBerry Indonesia sendiri, hingga kini belum memberi keterangan
resmi.
Tumbangnya layanan BBM ini membuat beberapa operator
seluler cukup sibuk memberikan informasi permasalahan ke para
penggunanya, baik melalui jejaring sosial Twitter, Facebook maupun
telepon.
Setelah layanan BBM kembali normal, informasi untuk
dapat menggunakan layanan pesan instan ini pun disebar. Salah satunya
dilakukan XL Axiata, melalui akun Twitter-nya, @XLCare. Pelanggan
BlackBerry XL yang belum dapat menggunakan BBM secara normal disarankan
untuk melakukan
restart dengan mencabut dan memasang lagi baterai ponsel BlackBerry.
Peristiwa
gangguan pada layanan BlackBerry kali ini merupakan yang pertama di
tahun 2013. Sepanjang 2012 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika
mencatat layanan BlackBerry mengalami gangguan sebanyak 3 kali di
Indonesia.
Gangguan pertama tahun 2012 terjadi pada layanan
email
BlackBerry di akhir Maret 2012. Kemudian pada 15 Agustus 2012, layanan
email BlackBerry kembali mengalami gangguan. Ketiga, giliran pesan
instan BlackBerry Messenger yang terganggu pada 2 Oktober 2012.